header

header

Pages

Senin, 14 Juni 2021

Rekomendasi Tempat Makan Seafood Murah di Semarang 2021 + Intermezzo Post [#WajibCoba]

[Intermezzo]

Well, hello... my precious fellas. Selamat datang 'kembali' di blogku. Setelah sekian purnama tidak meng-update blogku yang telah lama terbengkalai, akhirnya kesempatan kali ini aku bisa mulai menulis artikel lagi. 

Banyak hal terjadi dalam hidupku sampai akhirnya beberapa waktu lalu aku memilih rehat dalam urusan tulis menulis. Hambatan terbesarnya adalah kepercayaaan diriku dalam menulis. Ya.. di tahun 2015 aku sudah merintis blog ini. Sayangnya, aku mengalami demotivasi beberapa tahun setelahnya. Kerap kali aku merasa menulis itu susah banget. Alhasil aku jadi nggak enjoy. Yah, maklum waktu itu masih awal kuliah. Syukurlah masa-masa itu telah berlalu. Saat ini aku hampir menyelesaikan pendidikan S1-ku dan sudah 'mengumpulkan' kembali keberanianku untuk menulis.

Aku memutuskan untuk memindahkan postingan lamaku ke blog personalku di Eatsploria Journal (mampir ya hehe) dan memulai blog ini dari 'nol.' Blog ini aku dedikasikan bagi kalian yang memerlukan 'pencerahan' seputar makanan, travelling, hobi, dan pengalaman hidup. Aku akan dengan senang hati membagikan informasi, rekomendasi, atau tips seputar topik-topik tersebut. Semoga kalian suka!

[Rekomendasi Seafood Enak dan Murah di Semarang]

Okay, kembali ke topik utama.... Kali ini aku mau merekomendasikan tempat makan seafood enak dan murah di Semarang yang belum banyak orang tahu. Apa tuh kira-kira?

Bisa dikatakan tempat makan ini tergolong underrated di Semarang. Kepopulerannya masih belum mencapai level seperti Restoran Kampung Laut, IBC, Seafood Pak Jari, atau Seafood Pak Sangklak (orang Semarang pasti tahu lah~). Eits, jangan salah sangka dulu. Seafood yang aku sarankan ini nggak kalah enak dengan restoran ternama yang tadi aku sebutkan, loh. Yups, namanya adalah Warung Seafood Pak Man. 

"Hah, warung? serius bukan restoran?"

Iya, warung! Warung tenda pinggir jalan.

"Serius yang beginian enak?"

Masalah rasa, aku jawab nanti ya. Kita bahas menu yang mereka sajikan dulu. Sebetulnya, pilihan masakannya tidak terlalu banyak. Ada ikan, cumi, udang, aneka kerang, dan kepiting lemburi. Jenis ikannya ada berbagai macam, ada kakap, kerapu, dll (ikan laut saja). Lauk yang kita pilih dapat dimasak dengan bumbu kecap, asam manis, lombok ijo, atau digoreng biasa. Varian menu yang tak banyak dan terbilang sederhana ini justru menjadi spesialisasinya.

Kualitas ikannya nggak usah diragukan lagi. Semua fresh. Tahu dari mana? Rasa nggak akan pernah bohong ya kan.... Cita rasa ikan fresh akan lebih nikmat dibandingkan ikan yang sudah lama mati. Inilah yang menjadi salah satu faktor rasa masakan di warung ini lebih sedap (asumsiku sih ini haha).

Saat proses memasak, aroma tumisan bawang merah, bawang putih, bawang bombay, dan cabainya beuh menggugah nafsu makan banget (walaupun abis itu bersin-bersin sih hahaha). Pas hidangan sudah sampai di meja, rasanya nggak akan sabar buat langsung ngicipin. Bikin ngiler bos! Apalagi kalau makannya ditemani dengan nasi putih hangat dan lalapan. Perfect combo!

foto ikan

Sekarang saatnya membahas rasa. Sebenarnya ini selera ya, tapi jujur aja aku dan keluargaku cocok banget sama masakannya. Bumbunya terasa, gurihnya pas, dan pedasnya moderat lah (request tambah pedes juga boleh).

Menurutku, ada yang unik dari bumbunya. Biasanya bumbu hidangan seafood itu berupa saos kental, tetapi di sini tidak. Apapun masakannya, bumbu dasar hidangan mereka adalah tumisan bawang-bawangan dan cabai yang diiris tipis, kemudian diberi seasoning secukupnya. Untuk bumbu kecap tinggal ditambah kecap, sedangkan bumbu asam manis tinggal ditambah saos tomat atau pedas. Aku pribadi lebih suka yang bumbu tumis semacam itu karena sudah bosan dengan hidangan seafood yang disiram saos kental. Kadang saosnya bisa enak, tapi juga bisa zonk. Jadi ya hidangan di warung ini terbilang aman lah~

Ngomongin harga, sajian di Warung Seafood Pak Man ini terhitung lebih terjangkau dibandingkan restoran seafood yang sudah punya nama di Semarang. Ya mungkin karena nggak ada pajak kali ya. Oh iya, jangan kaget kalau harga ikannya ada yang mahal. Ini dihitung berdasarkan ukuran dan jenis ikan. Nggak selalu Rp 100rb kok. Aku juga pernah dapet harga yang Rp 40rb per ekor. Supaya nggak kaget lihat tagihannya, tanyain dulu harga ikannya hehe.

Aku dan keluargaku biasanya pesan tiga hidangan (ikan, serimping, cumi), tiga nasi, dan empat minum. Total harganya hanya Rp 200rb-an aja. Untuk makan keluarga jelas harga segitu terbilang murah. 

Udah penasaran belum? Tertarik buat nyobain? Okay, aku reveal tempatnya ya. Lokasinya berada di Jl. Pekojan, Purwodinatan, Kec. Semarang Tengah. Persisnya ada di pelataran Toko Baja 88 atau samping Gedung Miramar Johar. Gelar lapaknya sekitar pukul 18.00-23.00 WIB. Libur jualan setiap hari Kamis. Kalau malas makan di tempat, kalian bisa pesan via Gojek juga loh.

Baiklah, sekian dulu rekomendasinya. Semoga bisa jadi referensi buat kalian. Pantengin terus blog ini ya supaya nggak ketinggalan info menarik seputar makanan, travel, hobi, dan pengalaman hidup. Kita ketemu lagi dipostingan selanjutnya. Adios!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar